Home > Etika Profesi > Contoh Nilai Dasar dan Instrumental

Contoh Nilai Dasar dan Instrumental

PEMBUNUHAN
AKIBAT SENGKETA LAHAN

Skenario Kejadian

  • Pada hari Rabu 29 September 2011 di Jalan Mahir-Mahar ditemukan seorang mayat pria yang tewas mengenaskan. Diduga korban yang tewas tersebut adalah korban pembunuhan
  • Setelah ditelusuri kejadian tersebut ternyata hasil dari sengketa tanah yang terjadi antara korban dan pelaku pembunuhan
  • Korban yang berisinial EBT dan pelaku yang berinisial DM telah lama bersengketa diakibatkan batas tanah yang mereka miliki tidak jelas.
  • Sebelum peristiwa berdarah itu terjadi korban bersama anaknya dan kedua rekannya berada sekitar 100 m dari pondok kayu.
  • DM dan ketiga orang yang diduga sebagai anak dan keponakannya  sudah lebih dahulu berada ditempat itu. Sementara korban dalam posisi duduk jongkok sambil membuka sebuah kertas yang didalamnya terdapat gambar sketsa tanah.
  • Entah apa yang ada di pikiran mereka saat itu, sehingga salah satu anak DM mengamuk dan mengeluarkan sebilah mandau dari pinggangnya. Akibat terpancing amukan anaknya emosi DM pun tersulut seraya mengeluarkan mandau yang terikat dipinggang dengan sekejap mengarahkan senjata tersebut ke arah korban.
  • Melihat korban di serang sontak sang anak berteriak, pada saat itu kedua tangan anak korban dipegang oleh kerabat DM. Entah bagaimana tetapi anak korban dapat melepaskan cengkeraman tersebut dan kemudian pergi melarikan diri ke dalam hutan.
  • Pelaku berusaha mengejar tetapi tidak berhasil. Setelah dirasa pelaku dan kerabatnya sudah pergi maka anak korban menemui ayahnya yang saat itu sudah berada dalam posisi telungkup di depan pondok.
  • Di duga kuat setelah diserang korban diseret sampai ke depan pondok.

Sumber : HarianPalangkaEkspres  30  September 2011

  • NILAI DASAR

Nilai dasar yang dapat diambil dari skenario di atas adalah kurang jelasnya pembagian lahan dari kedua belah pihak yang akhirnya

mengakibatkan sebuah sengketa yang menyebabkan terjadinya perkelahian dan berujung pada pembunuhan.

  • NILAI INSTRUMENTAL

Dari kejadian diatas dapat diketahui bahwa hal tersebut didasari oleh keinginan saling memiliki tanpa adanya musyawarah antar kedua

pihak. Baik pihak pertama maupun yang kedua ingin pembagian batas lahan sesuai dengan keinginan mereka pribadi. Jika kedua belah

pihak tidak serakah dan dapat menyelesaikan perkara tersebut dengan jalan kekeluargaan maka hal tersebut diatas tidak perlu terjadi.

Dari kejadian tersebut di atas, dapat kita lihat dari sisi keadilan bahwa jika ingin membagi sesuatu baik itu berupa tanah ataupun hal-hal yang lain akan lebih baik apabila dirundingkan terlebih dahulu dan ada kata mufakat diantara kedua belah pihak.

Pihak pertama harus menyetujui pembagian dari pihak kedua dan pihak kedua harus memahami apa yang diinginkan oleh pihak pertama begitu juga sebaliknya.

Sedangkan jika dilihat dari sisi hukum, pelaku bisa saja dijerat hukuman mati atau seumur hidup karena pelaku membunuh korban dengan berencana. Begitu juga dengan pihak keluarga korbanpun ingin mendapat kepastian hukum dengan meminta kepada pihak yang berwajib untuk memberikan hukuman yang setimpal pada pelaku pembunuhan tersebut.
KESIMPULAN

Untuk menyelesaikan masalah tidak perlu dengan kekerasan karena akan merugikan kedua belah pihak yang terlibat. Semua masalah bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dan kekeluargaan. Dan juga saling menghargai dan memahami serta berlaku adil. seperti kata pepatah apabila seseorang menyelesaikan masalah dengan kekerasan “Menang Jadi Arang Kalah Jadi Abu”

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: