Home > Etika Profesi > Pekerjaan di Bidang IT

Pekerjaan di Bidang IT

Spesifikasi dan Klasifikasi Pekerjaan TI

1.  Pemrogram adalah profesi yang menulis program menggunakan ahasa pemprograman seperti C++, VB, VB.Net,PHP, Perl, Phyton dan lain-lain.

a.      Pemrogram Tersupervisi adalah seorang pembuat program yang bertugas menyusun, menulis, memperbaiki dan mendokumentasikan program secara detail dan terperinci dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai  dan dengan memperhatikan suatu alur dan rencana kerja yang telah ditentukan oleh atasan.Dalam pengerjaanya juga masih membutuhkan bimbingan dari dasar untuk menyelesaikan suatu program baik yang sederhana mupun yang kompleks karena pengalaman yang masih minim yaitu 0-2 tahun agar program yang dibuat dapat bekerja seperti yang diinginkan.

b.    Pemrogram tersupervisi menengah adalah pembuat program yang bertugas sama dengan pemrogram tersupervisi dan masih bekerja sesuai dengan alur kerja yang sudah ditentukan namun bedanya pemrogram tersupervisi menengah ini dapat membuat program yang sederhana karena pengalaman yang lebih banyak yaitu antara 3-5 tahun meskipun tetap saja membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih kompleks.

c.    Pemrogram Independent/Managing adalah seorang pembuat program yang bisa membuat program baik yang sederhana ataupun yang kompleks yang rencana dan alur kerjanya telah dimanage /ditentukan sendiri dan bebas membuat program tersebut sesuai dengan imajinasinya tanpa ada tekanan dari atasan.

2.      Analisis Sistem adalah seseorang atau tim yang bertugas menganalisa sistem yang akan di implementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang dikembangkan dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer).

a.      Analisis sistem tersupervisi adalah seseorang atau tim yang bertugas belajar melakukan analisis untuk sistem yang akan dibuat berdasarkan kebutuhan user secara detail dan terperinci, membuat spesifikasi fungsional sistem dan merancang program yang telah didefinisikan, membantu implementasi sistem, membuat dokumentasi dan membantu pada tahap awal pemakaian system serta membantu implementasi solusi system namun tetap di bawah perintah dari seorang project manager yang memegang kendali penuh dalam penyelesaian suatu proyek dengan tujuan menambah pengalaman.

b.      Analisis sistem independent adalah seseorang yang memiliki tugas melakukan analisis untuk sistem yang akan dibuat berdasarkan kebutuhan user secara detail dan terperinci dan beberapa tugas yang sama seperti analisis system tersupervisi sesuai dengan pengalaman yang dimiliki namun tanpa harus terikat atau diperintah oleh siapapun tapi tetap bertanggung jawab artinya menganalisa suatu system secara mandiri.

3.      Instruktur adalah sesorang yang bertugas untuk mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan bimbingan, pendidikan dan pengarahan baik terhadap anak didik maupun pekerja level di bawahnya.

a.      Instruktur Tersupervisi adalah seseorang yang bertugas belajar merancang dan menyajikan pengajaran/pelatihan yang melingkupi salah satu keahlian yang dia kuasai dalam hal ini dibidang IT sesuai dengan aturan yang baik dan benar dengan tujuan mendapat pengalaman yang berharga.

b.  Instruktur Tersupervisi Moderat adalah seseorang yang merancang dan menyajikan pengajaran/pelatihan kepada pekerja junior dengan tujuan membagi sedikit pengalaman yang didapatkan dan mau menerima pendapat dari orang lain demi memajukkan suatu usaha.

c.    Instruktur Tersupervisi Independent adalah seseorang yang memberikan pelatihan dan memberikan pembelajaran secara mandiri dan professional di bidangnya sehingga bisa melatih secara mandiri tanpa terikat oleh apa dan siapapun.

4.      Manajer Proyek adalah seseorang yang mempunyai keseluruhan tanggung jawab untuk pelaksanaan dan perencanaan, mensukseskan segala proyek dan mampu mengorganisir serta mengelola sumber penghasilan suatu usaha.

a.       Manajer Proyek Tersupervisi adalah seseorang yang bertanggung jawab mengatur proyek kecil untuk pengembangan atau pemeliharaan berbagai sumberdaya, melakukan monitoring dan melaporkan penghasilan yang didapat demi kemajuan proyek sesuai dengan rencana kerja yang sudah ada.

b. Manajer Proyek Independent adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap suatu kemajuan proyek dengan menunjukkan pengalaman yang dimiliki untuk mengontrol semua kegiatan yang dilakukan tanpa adanya paksaan dari siapapun agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: